;

Fasilitasi Ekspor, Karantina Pertanian Sumbawa Periksa Permohonan Tempat lain

full-web mobile
Penulis : Tri Suparyanto, A.Md | Tanggal : 22 Juni 2019


Sumbawa---Setelah berhasil mendorong lebih banyak komoditas unggulan asal Sumbawa agar bisa memasuki pasar ekspor, melalui kegiatan Agro Gemilang. Kini, Karantina Pertanian Sumbawa memeriksa dua permohonan tindakan karantina diluar tempat pemasukan dan pengeluaran.

Diharapkan dengan fasilitas ini dapat memberikan pelayanan prima proses perkarantinaan yang efektif dan efisien. Sehingga pelaku usaha tinggal menunggu penerbitan Health Certificate (HC)/ Phytosanitary Certificate (PC) yang dipersyaratkan negara tujuan.

"Berbeda dengan tahun lalu ekspor jagung dari Pulau Sumbawa yang mencapai 100 ribu ton. Tahun 2019 ini belum ada ekspor jagung dari Pulau Sumbawa, namun akan tetap kita fasilitasi bagi pengusaha yang akan melakukan ekspor jagung" ungkap Salam, Kepala Subseksi Pelayanan dan Operasional Karantina Pertanian Sumbawa.

"Persyaratan sesuai dalam Permentan 38 tahun 2014 telah mereka penuhi, Dan hari ini (18/06) petugas kami sedang melakukan pememeriksaan aspek administrasi dan aspek kelayakan teknis salah satu perusahaan dagang komoditas pertanian terbesar di Sumbawa" jelas Salam.

"Aspek Administrasi meliputi status kepemilikan, perijinan perpajakan, manajemen, fasilitas, sarana dan kelengkapan administrative lainya. Sedangkan aspek kelayakan teknis meliputi tempat dengan kondisi lingkunganya, daya tampung bangunan, jalan, fasilitas pembersihan dan pemusnahan, laboratorium pemeriksaan, air bersih, listrik, petugas keamanan, alat komunikasi serta fasilitas penunjang kegiatan karantina tumbuhan lainya" imbuh Salam.

Temukan Berita Lainnya

Share berita ini via

Media Sosial

Kontak Kami

Jika Anda Mempunyai Keluhan, Kritik Atau Saran Terhadap Pelayanan Kami
Silahkan Hubungi Line Center Dibawah Ini

Kantor Induk

Jln. Pelabuhan Badas No. 01 Sumbawa Besar - NTB

84351

(0371) 2629152

0813 3990 1664

stakabadas@gmail.com

Kirim Pesan Kepada Kami Melalui Form Berikut

Pengunjung Hari Ini : -   |   Total Pengunjung : -