;

Demam OPAL Karantina Sumbawa, Dari Panen Sampai Merambah Ke Wilker

full-web mobile
Penulis : Tri Suparyanto, A.Md | Tanggal : 23 April 2019


Sumbawa — Obor Pangan Lestari (OPAL) sebagai program Kementerian Pertanian, yang bertujuan memanfaatkan sisa lahan perkantoran sebagai penyedia pangan dan serta sebagai percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan. Program ini diharapkan kedepanya dapat meningkatkan penyediaan sumber pangan keluarga yang bergizi dan seimbang.

Kepala Karantina Sumbawa, Ida Bagus Putu Raka Ariana mengatakan “Hari ini kita akan melaksanakan panen perdana kacang tanah dari program OPAL Karantina Sumbawa".

"Kacang tanah kita pilih karena lahan yang kita miliki masih cukup luas, serta dapat memanfaatkan air hujan sebagai pengairanya" jelas Raka

Raka menambahkan "Selain kacang tanah, ada juga kita tanam sayuran seperti kangkung, terong cabai, sawi dan lainya yang ditanam menggunakan polibag telah siap panen dalam satu minggu kedepan. Serta tanaman obat keluarga (TOGA) yang mulai tumbuh" imbuh Raka.

Demam program OPAL Karantina Sumbawa tidak hanya dilaksakan di kantor Induk saja. Wilker Bandara Solahudin Bima dan Wilker Pelabuhan Badas juga tengah melaksanakan program yang sama. Diharapkan kedepanya demam OPAL benar-benar dapat menginspirasi masyarakat dalam pemanfaatan lingkungan.

Temukan Berita Lainnya

Share berita ini via

Media Sosial

Kontak Kami

Jika Anda Mempunyai Keluhan, Kritik Atau Saran Terhadap Pelayanan Kami
Silahkan Hubungi Line Center Dibawah Ini

Kantor Induk

Jln. Pelabuhan Badas No. 01 Sumbawa Besar - NTB

84351

(0371) 2629152

0813 3990 1664

stakabadas@gmail.com

Kirim Pesan Kepada Kami Melalui Form Berikut

Pengunjung Hari Ini : -   |   Total Pengunjung : -